Contoh Usaha Ternak Cepat Balik Modal

Contoh Usaha Ternak Cepat Balik Modal –  Salah satu jenis usaha  yang menguntungkan dalam waktu singkat adalah usaha ternak. Bisnis budidaya ini sangat mudah dijumpai di berbagai pelosok pedesaan terpencil di seluruh Indonesia. Ada berbagai jenis hewan piaraan yang bisa diternakkan dengan prospek yang menjanjikan dan menguntungkan. Seperti usaha ternak kambing, domba, sapi, ikan, cacing, semut, lele, belut dan lain sebagainya.

Kebanyakan penduduk desa memilih usaha beternak ikan maupun binatang peliharaan lainnya sebagai pekerjaan sampingan. Bisnis perikanan dan peternakan dijalankan secara rumahan dan sederhana. Namun keuntungannya sangat menjanjikan di masa depan. Misalkan seorang peternak sapi. Yang satu tahun kemudian, indukan sapi melahirkan satu ekor anak. Harga jual sapi per ekor yang sangat mahal menjadikan bisnis ternak sapi begitu sangat menggiurkan.

Usaha ternak di desa tidak membutuhkan modal besar. Beberapa jenis usaha ternak membutuhkan modal kecil bahkan ada yang tanpa modal. Inilah yang menjadi kelebihan bisnis budidaya ternak hewan di pedesaan. Modal yang dibutuhkan sangat kecil. Namun potensi keuntungan sangat besar.

Usaha beternak sangat cocok dijalankan oleh kalangan bu rumahtangga, mahasiswa, pelajar, buruh, pegawai swasta, PNS dan lain sebagainya sebagai bisnis sampingan. Sebab usaha ini tidak mengganggu aktifitas anda sehari-hari. Anda hanya perlu menyempatkan waktu beberapa jam saja untuk mengurus usaha peternakan atau perikanan.

Ada banyak cara supaya usaha ternak dapat sukses. Salah satunya melakukan pemilihan jenis hewan ternak. Usaha ternak yang paling cepat panen menjadi pilihan banyak orang untuk menekuni bisnis peternakan. Sehingga mereka langsung bisa mendapatkan penghasilan secara cepat. Selain itu, usaha ternak memerlukan keterampilan dan ketelatenan. Mengingat yang dipelihara adalah binatang hidup yang memerlukan pemeliharaan yang baik , makanan dan minuman yang sehat.

Contoh Usaha Ternak Cepat Balik Modal

Usaha beternak tidak mudah dan tidak pula sulit. Usaha ini memerlukan sebuah keterampilan dan semua itu bisa dipelajari dengan baik. Bagi seorang pemula sangat beresiko jika menekuni bisnis ternak dengan modal kecil.  Resikonya terhadap binatang ternak banyak yang mati. Oleh karena itu, bagi anda pemula sangat direkomendasikan untuk memilih usaha ternak yang minim resiko kerugian, modal kecil, dan mudah dijalankan.

Berikut ini contoh usaha ternak cepat balik modal dan paling menjanjikan di masa depan yang sangat cocok bagi pemula, antara lain :

1.Usaha ternak kelinci

Siapa sih yang tidak kenal dengan hewan yang satu ini? Pastinya setiap orang mengenalnya sebagai binatang yang lucu, imut dan menggemaskan. Ada berbagai jenis kelinci yang bisa sobat ternakkan dengan kualitas unggul dan sangat gampang seperti kelinci dutsh, new zealand, flamish giant, rek dan lain sebagainya. Kelinci ini terbilang tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

2.Usaha beternak belut

Bisnis ternak belut merupakan salah satu jenis usaha peternakan di desa yang sangat menjanjikan. Mengingat permintaan terhadap belut sangat tinggi di masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Harga belut di pasaran saat ini sebesar Rp 65 ribu perkilogram.

3.Usaha beternak lele

Permintaan terhadap ikan lele sangat besar setiap tahunnya. Hal inilah yang membuat usaha beternak lele sangat menggiurkan. Namun bagi seorang pemula sangat tak dianjurkan memulai ternak lele tanpa bekal ilmu yang memadai. Karena resiko beternak ikan lele sangat besar yakni kematian ikan lele yang sangat banyak. Mengingat binatang ini sangat mudah mati dan harus diberi pakan secara teratur ketika masa anak-anak. Pada usia dewasa, ikan lele tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

Untuk pemasaran ikan lele sangat gampang. Anda bisa menjualnya ke pasar tradisional, restoran, warung nasi, rumah makan maupun ke para pedagang pecel lele terdekat.

Demikianlah contoh usaha ternak cepat balik modal. Untuk menghemat biaya pengeluaran pakan maka anda bisa membuat pakan alami alternatif dari tumbuhan alami maupun binatang yang ada di lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *