Kisah Contoh Pengusaha Tanaman Hias Yang Sukses

Kisah Contoh Pengusaha Tanaman Hias Yang Sukses – Berhasil menjadi suatu ungkapan kata yang ingin didapatkan semua orang dalam semua bidang. Termasuk dalam dunia bisnis tanaman hias. Salah seorang pengusaha yang berhasil dalam usaha budidaya tanaman hias adalah pria bernama lengkap Sugih Nugroho yang kerap disapa Sugih. Kesuksesan yang diraih Sugih laksana mimpi. Ia tidak pernah terpikirkan untuk meraih keberhasilan seperti saat ini. Semuanya mengalir begitu saja.

Lalu apa yang membuat Sugih tertarik menekuni bisnis budidaya tanaman hias angkrek? Berdasarkan penuturannya, ia memiliki rasa cinta yang sangat dalam terhadap kembang angkrek. Disebabkan dengan budidaya tanaman angkrek, ia dapat menghasilkan keuntungan dua kali lipat. Pertama, penghasilan dari bertanam angkrek berupa materi uang yang lumayan besar perbulannya. Kedua, ia bisa merasakan  keindahan ciptaan Allah SWT dari tanaman angkrek.

Ketertarikannya budidaya tanaman anggrek, diawali ketika ia masih kanak-kanak. Pada masih kecil, ia sering menyiram tanaman anggrek yang berada di pekarangan rumah. Sang ibunda tercinta yang menanam pohon hias tersebut dengan telaten. Berselang waktu, tanaman anggrek pun berbunga dan tumbuh dengan subur. Hal tersebut membuat Sugih kecil riang gembira.

Dan Sugih semakin tertarik kepada tanaman hias ini ketika sedang menempuh pendidikan tinggi di suatu universitas. Pada saat Sugih berstatus mahasiswa jurusan Arkeologi Universitas Indonesia itu, beliau rajin menanam tanaman anggrek di sekitar kampus. Yang membuat ia dikenal oleh sesama rekannya sebagai pecinta tanaman hias anggrek.

Untuk memperdalam ilmu budidaya tanaman hias anggrek sampai ia rela menghabiskan uang jutaan rupiah untuk membeli majalah Trubus dari edisi baru sampai edisi lama. Di kampusnya, Sugih aktif di organisasi Pecinta Alam. Lewat organisasi ini, Sugih semakin aktif budidaya tanaman anggrek di sekitar dan luar kampus. Tak jarang ketika ia melakukan kegiatan mendaki gunung atau menjelajahi hutan, Sugih mendapatkan beberapa spesies tanaman hias anggrek baru.

Kisah Contoh Pengusaha Tanaman Hias Yang Sukses

Mempelajari tanaman hias anggrek menjadi kegiatan sehari-hari pria asal Depok ini. Dengan cara membaca majalah Trubus maupun searching di mbah Google. Ia sangat paham terhadap berbagai jenis dan spesies tanaman Anggrek di Indonesia. Menurutnya, jumlah jenis anggrek di tanah air sekitar 5000 lebih. Hal inilah yang membuat Indonesia sebagai “surga” tanaman hias Anggrek.

Sebagai bukti kecintaan terhadap tanaman hias Anggrek, ia menanam Angkrek di kampus dan halaman rumahnya. Ia merawat tanaman angkrek dengan sangat telaten dan rajin. Yang membuat pohon angkrek tumbuh subur dan berbunga yang menampilkan keindahan. Kemudian untuk mempelajari lebih lengkap tentang tanaman hias ini dan mengenalkan kepada masyarakat luas maka ia tergabung dalam sebuah komunitas pecinta anggrek di tanah air.

Hobinya yang suka berpetualang di hutan membuat ia sering memperoleh sejumlah jenis tanaman anggrek baru yang sangat langka. Seperti anggrek bulbophyllum. Kepada masyarakat luas, ia menunjukkan beberapa jenis angkrek terbaru yang berhasil ia dapatkan di hutan. Ternyata respon masyarakat bagus sekali. Mereka ingin membeli anggrek tersebut. Sehingga Sugih terpikirkan untuk memulai bisnis budidaya tanaman angkrek.

Pada tahun 2015, ia benar-benar fokus menjalani usaha budidaya tanaman hias anggrek dibantu oleh para petani anggrek yang profesional. Ia masih ingat bahwasanya rincian modal usaha budidaya tanaman anggrek relatif kecil. Ia hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 3 juta sebagai modal awal. Itu pun uang hasil pinjaman dari sebuah koperasi.

Setelah tanaman angkrek yang ia tanam tumbuh subur maka ia langsung menjual tanaman hias tersebut di toko online yang telah ia buat dan medsos Facebook. Namun dalam 3 bulan pertama, tak ada respon dari masyarakat. Tak ada penjualan. Lalu memasuki bulan keempat, ia sukses menjual tanaman angkrek sebanyak 4 buah. Dan pada bulan seterusnya, ia berhasil menjual tanaman hias angkrek lebih banyak lagi secara bertahap.

Adapun yang menjadi kelebihan usaha budidaya angkrek yang dijalani Sugih adalah segi keunikan. Dimana tanaman angkrek yang dijualnya tidak ditemukan di tempat lain. Misalkan angkrek paphiopedilum, anggrek tebu dll. Hal inilah yang membuat bisnis tanaman anggrek yang dikelola laris manis. Keuntungan yang ia bisa peroleh dari bisnis ini sekitar Rp 5 juta per hari. Wow luarbiasa lumayan bukan?

Pangsa pasar usaha anggrek seluruh wilayah di tanah air. Ia sudah pernah mengirim angkrek ke Pulau Natuna, Pulau Weh, Papua dan daerah lainnya di Indonesia. Sugih mengharapkan dengan kiprahnya ini dapat membantu pemerintah dalam melestarikan tanaman Anggrek di tanah air.

Sekelumit kisah contoh pengusaha tanaman hias yang sukses ini bisa menjadi cermin bagi kita semua. Bagaimana cara menjalankan usaha budidaya tanaman angkrek dengan baik dan benar serta sepenuh hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *