Peluang Bisnis Budidaya Sarang Burung Walet

Peluang Bisnis Budidaya Sarang Burung Walet – Di tengah situasi perekonomian yang lesu membuat berbagai usaha mengalami kemandegan. Sehingga seseorang harus kreatif dalam menghasilkan uang secara halal. Seperti berwirausaha dalam bidang yang masih jarang pesaing. Banyak orang yang mencari celah bisnis untuk dijadikan sebuah usaha. Namun hanya sebagian kecil yang bisa melihat dan memanfaatkannya. Salah satunya usaha budidaya sarang burung walet.

Peluang usaha budidaya sarang burung walet masih menjadi bisnis yang masih menjanjikan. Usaha ini terkait budidaya burung walet secara baik dan benar. Sehingga menghasilkan banyak sarang yang berkualitas bagus. Bisnis budidaya sarang burung walet termasuk jenis usaha ternak yang cepat panen dan menghasilkan uang banyak.

Di tanah air sendiri banyak orang yang membuka usaha ternak sarang burung walet yang tersebar di berbagai kota dan daerah. Keuntungan usaha ternak burung walet sekali panen sampai ratusan juta rupiah. Hal inilah yang membuat di Indonesia banyak pengusaha walet terkaya.

Usaha budidaya burung walet sama seperti beternak burung kenari, perkutut, lovebird, murai dan lain sebagainya yang memerlukan keterampilan dan ketelatenan supaya dapat sukses. Berbeda dengan usaha ternak burung lainnya seperti ternak burung perkutut, murai, lovebird dll yang diambil manfaat dari ternak burung walet bukan suaranya melainkan sarangnya. Harga sarang burung walet saat ini di pasaran sangat tinggi. Perkilogram sarang walet dihargai belasan juta rupiah. Hal ini sangat wajar jika banyak pelaku bisnis ternak walet yang kaya raya.

Harga sarang burung walet yang sangat tinggi sangat wajar. Karena sarang burung walet ini hanya dijadikan menu makanan dan minuman oleh orang-orang kaya semata. Di sejumlah restoran atau rumah makan khas China dan Jepang sering menyajikan menu sarapan sarang burung walet.

Peluang Bisnis Budidaya Sarang Burung Walet

Jika ditanya manfaat sarang burung walet pastinya sangat banyak. Sarang burung walet bisa dijadikan minuman maupun makanan yang sangat bergizi tinggi dan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia serta berkhasiat mengobati berbagai penyakit. Seperti penambah tenaga, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, mengatasi panas dalam, dan mengobati penyakit paru-paru.

Di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan berkembang berbagai jenis burung di alam liar sangat cocok dijadikan lokasi usaha budidaya sarang burung walet khususnya di wilayah pedesaan yang terpencil. Untuk masalah pemasaran tak mengalami kendala. Sejumlah negara di Asia. Contohnya Taiwan, Hongkong, Tiongkok dan Jepang selalu siap menerima pasokan sarang burung walet dari Indonesia dengan kualitas yang unggul.

Jika anda belum mengenal burung walet maka penulis akan memberikan cirinya. Burung walet mempunyai bulu berwarna hitam gelap mengkilap. Dengan tubuh langsing dan gerakan yang sangat gesit. Burung ini dikenal sangat hobi berakrobatik atau meluncur di udara serta menyukai makanan berupa serangga-serangga kecil. Bentuk paruh dan kaki burung walet berukuran kecil dengan sayap runcing menyerupai bentuk sabit.

Kebiasaan burung walet suka menempati rumah kosong atau gua dengan pencahayaan yang gelap dan remang serta suhu udara yang lembab. Sarang yang ia ciptakan ditempelkan di langit-langit untuk berkembang biak dan sarana istirahat. Inilah yang dimanfaatkan oleh petani walet yakni sarangnya yang mempunyai nilai ekonomis sangat tinggi.

Adapun sarang walet dibuat dari air liurnya sendiri yang disebut Saliva. Sarang burung ini memiliki berbagai jenis dan type yang ikut menentukan harga masing-masing. Dari sarang walet yang dijual perkg dengan harga sedang sampai paling mahal.

Untuk mengambil peluang bisnis budidaya sarang burung walet maka hal utama yang harus dipersiapkan adalah gedung walet. Pastikan gedung walet berada di lokasi yang terdapat banyak populasi burung walet. Ajaklah burung walet berdiam diri di gedung tersebut dengan cara memberikan pengharum maupun bunyi burung walet pemanggil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *